Namanya Refandi Danendra Syafa Ardani. Balita umur 3,8 tahun. Ia adalah putra dari pasangan Ardi Triayuli Erwani dan Yeni KurniawatiIa, pasangan miskin asal Dusun Sambiroto, Desa Sambirejo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Berdasarkan penuturan ayahnya, pada awal Agustus 2017, Refandi tiba-tiba mengeluh lehernya sakit untuk digerakan. Hal itu berlanjut hingga awal bulan September 2017, di mana Refandi mengalami susah untuk berjalan kaki kirinya, disertai demam tinggi. Karena keluhan tersebut, Refandi langsung dibawa oleh kedua orang tuanya untuk diperiksakan di RSUD dr. Soedomo. Setelah seminggu menjalani pengobatan, Refandi sempat sembuh. Namun. tak lama, ia mulai merasakan sakit pada seluruh badan apabila dipegang.

Refandi lalu dirujuk ke RSUD dr. Ishak Tulungagung. Menurut hasil pemeriksaan dokter, ia terkena TB Tulang. Selama 2 bulan, ia diberikan perawatan dan meminum obat secara rutin. Namun, tetap belum terlihat perkembangan kesehatannya. Dokter mulai curiga dengan kondisi Refandi sehingga menyarankan kedua orang tua Refandi untuk melakukan rujukan ke RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Pada tanggal 15 Februari 2018, Refandi tiba di RSUD Dr. Soetomo untuk melakukan pemeriksaan di instalasi rawat jalan yang lalu diarahkan untuk melakukan pemeriksaan darah di Laboratorium Hematologi Anak. Setelah dilakukan pemeriksaan, hasil menunjukan bahwa Refandi terkena NEUROBLASTOMA (Kanker Kelenjar), sehingga ia diharuskan untuk menjalani rawat inap di IRNA Anak Bona 2.

Setelah 2 minggu menjalani perawatan, tepatnya pada tanggal 26 Februari 2018, Refandi mengalami fase kritis yang sehingga terpaksa harus dipindahkan ke Ruang PICU Anak Bona 2 agar mendapatkan perawatan dan perhatian khusus. Hingga sekarang, Refandi masih berada pada ruangan tersebut dan diharuskan menggunakan bantuan alat ventilator (alat bantu pernafasan).

Orang tua Refandi memegang BPJS Kelas 3. Namun, untuk proses penyembuhan bagi penyakit langka yang mayoritas menyerang balita ini, tentu butuh biaya selain yang ditanggung oleh BPJS. Maka, saya mengajak kita semua untuk membantu meringankan beban keluarga Refandi dengan berdonasi melalui rekening kerabatnya, Bpk. Rony Serviantoro di BRI Simpeden bernomor rekening 655401013527537. Untuk informasi, bisa langsung ke Bpk. Rony Serviantoro di 081938900089.