Perkenalan Lembaga Peduli Dhuafa (LPD) dengan Meri pertama kali ketika tim LPD mendatangi sebuah rumah sederhana di Desa Keude Geudong, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara. Di sana tinggal seorang gadis perempuan yang masih berumur 12 tahun. Kenyataan hidup yang harus dihadapi begitu pahit. Dia baru saja lulus SD. Seperti teman-temannya, dia ingin melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya.

Tapi, apa daya! Keadaan menuntut ke arah berbeda. Dia harus berhenti melanjutkan sekolahnya untuk merawat ibunya yang sakit parah sejak 5 tahun dan ditinggal cerai suaminya yang sekaligus ayah Meri. Berdua menjalani hidup yang sangat berat.

LPD lalu berkomitmen untuk mengasuhnya, sembari membantu penanganan ibunya. Kami ingin Meri juga melanjutkan pendidikan, menjadi aset bagi masa depan bangsa. Dan, berkat bantuan para donatur, Meri akhirnya bisa duduk di bangku SMP.

Namun, ibunya hanya bisa mengantar, tak sempat melihat kesuksesan Meri dewasa nanti. Ia meninggal dunia.

Kami ‘pun memutuskan untuk mengajak Meri tinggal bersama di rumah asuh LPD. Hingga kini.

Meri bukan satu-satunya. Ada “Meri-meri” lain di rumah asuh LPD. Mereka semua hampir putus sekolah karena sulitnya kenyataan hidup orang tuanya. Dan kami berusaha untuk membantunya. Di antaranya ada Ikhwan dan Waisal Ikhwanuni.

Ikhwan adalah anak dari Desa Alue Limeng, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen. Dia sempat putus sekolah selama 2 tahun. Persoalan yang dia hadapi juga buruknya keadaan ekonomi keluarganya. Kini, ia juga sudah kembali sekolah.

Adapun Waisal berasal dari Desa Bate Timoh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireun. Dia adalah anak penyandang disabilitas. Jarak rumah dan sekolahnya cukup jauh untuk anak dengan keadaan sepernya, yakni 2 km. Untuk masuk sekolah, setiap hari dia harus menempuh jarak tersebut, meski tanpa kaki sebelah. Ia juga salah satu anak asuh LPD.

Sampai sekarang, tercatat LPD sudah membantu 300 anak dhuafa untuk melanjutkan dan menjamin pendidikannya. Program ini merupakan program prioritas LPD.

Untuk menjamin kelangsungan dan perkembangan program ini, kami sangat membutuhkan bantuan Anda. Kami ingin ada lebih banyak lagi “Meri-meri” lain yang terbantu. Terus sekolah, menggapai cita-citanya.

Bagi para dermawan yang berkenan menjadi orang tua asuh bagi mereka, harap menghubungi WA kami di 085371266650, bisa juga mengisi biodata melalui website kami di link ini, atau langsung berkirim email ke ikda.aceh@gmail.com dengan menyertakan: Nama, Alamat, No HP/WA, dan Jumlah Biaya Perbulan.